Category:

Opini

Gegar Budaya

June 13, 2022·3 min read
Gegar Budaya

Tinggal di luar negeri tentunya berbeda dengan tinggal di tanah air tercinta bukan? Begitu pula dengan tinggal di negara dua benua ini. Banyak hal-hal yang membuat kalbu ini terheran-heran ataupun terkesima. Berikut beberapa gegar budaya yang penting diketahui sebelum menginjakkan kaki di negeri dua benua ini.

  1. Shalat
    • Di Turki tidak ada mukena, Sobat PPI Bursa. Lalu bagaimana jika kaum hawa hendak shalat? Mereka shalat dengan pakaian biasa seperti kerudung, rok, dan kaos kaki. Di beberapa masjid, biasanya disediakan jubah.
    • Saat bulan Ramadhan, shalat tarawih dilakukan 23 rakaat dengan bacaan yang singkat. Dilakukan dengan 4 rakaat – 4 rakaat dan 3 rakaat witir. Setiap sela shalat tarawih diisi dengan membaca shalawat.
  2. Makanan
    • Roti-rotian, keju, tomat, dan salad
      Makanan pokok orang Turki adalah roti. Banyak kita temui bermacam ragam roti di Turki, seperti roti isi ayam, burger, tost, sandwich, dan lainnya. Tentunya Sobat PPI Bursa tahu dong apa itu kebab? Ya, daging yang dibungkus dengan roti tortilla! Nah, di Turki sendiri menamai makanan tersebut dengan sebutan Durum.
      Sayuran yang paling sering dijumpai di sini adalah tomat dan salad. Ada juga berbagai macam acar-acaran.
    • Rasa yang tidak sekaya cita rasa Indonesia
      Untuk pecinta masakan Indonesia yang kaya akan bumbu, disarankan untuk membawa banyak stok bumbu-bumbu, seperti bumbu dapur, bumbu instan, bawang goreng, cabe bubuk, dsb. Fyi kebanyakan orang Turki tidak suka makan makanan pedas dan sulit menemukan cabai yang pedas di Turki.
    • Orang Turki suka makanan manis dan minum teh
      Setelah selesai makan berat, biasanya mereka akan makan manisan, seperti baklava dan kue-kue manis. Orang Turki sangat sering minum teh. Mereka selalu menyempatkan minum teh di sela aktivitas.
  3. Alat elektronik
    • Peralatan masak
      Untuk teman-teman yang kalau makan harus dengan nasi, disarankan membawa rice cooker dari Indonesia. Mengapa? Karena di Turki tidak ada rice cooker kecil dan harga rice cooker di Turki relatif lebih mahal daripada harga di Indonesia.
    • Untuk Sobat PPI Bursa yang hobinya masak boleh tuh bawa alat-alat masak dari Indonesia seperti cobek dan blender.
  4. Kesehatan
    • Masker
      Masker duckbill dan jenis lainnya sangat jarang ditemukan di Turki. Masyarakat Turki kebanyakan hanya menggunakan masker medis biasa. Di Turki, connector masker yang lazim digunakan masyarakat Indonesia dengan beraneka warna dan model pun tidak ada. Mereka menggunakan connector masker berbahan dasar plastik atau bagi yang berhijab mereka akan menggunakan jarum pentul.
    • Apotek tidak buka 24 jam
      Di Turki apotek (eczane) hanya buka sampai pukul 20.30 TRT. Di akhir pekan, hanya apotek jaga (nöbetçi eczane) yang buka.
Ya!Magz

Ya! Magazine 2024. All rights reserved.

INSTAGRAMPPI BURSA

READ

ArticlesMagazinesAuthors

CONTACT US