Category:

Lifestyle

Hadapi Teman yang Bersedih? Ini 4 Tips yang Bisa Kita Lakukan

November 14, 2021ยท2 min read
Hadapi Teman yang Bersedih? Ini 4 Tips yang Bisa Kita Lakukan

Dalam hubungan pertemanan, kita pasti akan berusaha menemani teman dalam sedih dan senang. Namun, menghadapi orang bersedih bukanlah hal yang mudah, ini dia empat tips agar Sobat YA! tidak salah langkah dan berhasil memperbaiki suasana hatinya.

  1. Tunjukkan Empati
    Saat menghadapi teman yang sedang bersedih, berusahalah untuk memosisikan diri kita di posisinya. Apa yang akan kita rasakan jika hal serupa terjadi pada kita? Validasi semua emosi yang sedang dia rasakan dan bantu mereka sadar bahwa perasaan sedih adalah hal yang normal.

  2. Luangkan Waktu
    Saat sedang sedih, terkadang kita hanya ingin didengar dan dimengerti. Maka sebagai teman yang baik, luangkanlah waktu Sobat YA! untuk mendengarkan curhatan hatinya. Jangan membicarakan diri sendiri dan fokus pada cerita yang sedang disampaikan. Setelah mendengarkan ceritanya, kita harus berhati-hati dalam menyusun kata-kata sebagai tanggapan. Usahakan agar tidak membuatnya merasa bersalah dan tersudut. Buat ia merasa didengar, dihargai, dan dicintai.

  3. Beri Solusi
    Di tengah suasana hati yang sedang tidak baik, pikiran kita sering kali kalut dan tidak bisa berpikir jernih. Maka berikanlah teman kita solusi yang sesuai dengan kondisinya. Sampaikan saran solusi tersebut dengan baik tanpa memberi kesan memerintah dan menggurui.

  4. Tawarkan Bantuan
    Setelah memberikan solusi, cobalah tawarkan bantuan bentuk apapun yang bisa Sobat YA! lakukan. Tawaran tersebut akan membuat teman kita merasa tidak sendirian menghadapi kesulitannya. Hal tersebut juga sebagai bentuk kepedulian kita terhadap situasi dan kondisi apapun yang sedang dihadapi teman kita.

Dengan 4 tips tersebut, semoga dapat menghibur dan mengurangi beban dan rasa sedih yang sedang dirasakan. Tips-tips tersebut juga dapat membuat hubungan pertemanan Sobat YA! lebih baik dan erat. [mkh]

Ya!Magz

Ya! Magazine 2024. All rights reserved.

INSTAGRAMPPI BURSA

READ

ArticlesMagazinesAuthors

CONTACT US