Category:

Plesiran

Once Upon A Try Virtual Museum

May 1, 2020·5 min read
Once Upon A Try Virtual Museum

Selama menjalani masa self quarantine, banyak hal yang dapat kita lakukan dirumah saja, salah satunya kita dapat melakukan virtual tour.

Virtual tour adalah simulasi sebuah lokasi yang dibuat dalam bentuk video atau susunan foto. Kita dapat melakukan perjalanan mengunjungi sebuah lokasi melalui media digital. Perjalanan maya ini juga dapat didukung elemen-elemen multimedia lain, seperti efek suara, musik, narasi, dan teks.

Berawal dari mencari kegiatan yang bisa dilakukan selama dirumah aja dan juga tetap harus produktif. Mungkin beberapa dari sobat ya! sudah tidak asing dengan Google Arts and Culture, salah satu platform online di mana publik dapat melihat gambar dan video dengan resolusi tinggi mengenai karya seni dan artefak dari organisasi-organisasi budaya di dunia. Dengan tetap dirumah saja kita juga memiliki cara untuk tetap mendapatkan wawasan budaya dan juga pendidikan melalui virtual tour.

Menurut Fast Company, Google Arts and Culture bekerja sama dengan lebih dari 2500 museum dan galeri di seluruh dunia mengajak setiap orang untuk virtual tour dan mengunjungi pameran online dari beberapa museum-museum terkenal di dunia.

Lamanya masa karantina, membuat beberapa orang rindu untuk keluar rumah, seperti berkumpul bersama teman-teman, makan di warung makan kesayangan, berkunjung ke tempat-tempat wisata, dan mungkin beberapa orang merindukan suasana sekolah, perkuliahan, atau perkantoran. Tapi sekarang kita dapat ”go to the museum” tanpa melangkahkan kaki keluar dari rumah.

Menurut Ivasson, Museum virtual diartikan sebagai sumber informasi dari multimedia dengan interaksi pengguna untuk mendapatkan pengalaman seperti di museum. Museum virtual secara garis besar juga diartikan sebagai kumpulan gambar, file suara, teks dokumen, dan video sejarah serta kebudayaan yang direkam secara digital dan dapat diakses melalui media elektronik. Museum Virtual juga sering disebut sebagai e-museum, museum elektronik, atau museum digital. Tanpa perlu menyiapkan paspor, visa, ataupun tiket pesawat kita bisa menyaksikan pertunjukan seni dan mengunjungi museum-museum yang ada diseluruh dunia.

Berikut ini merupakan beberapa museum koleksi Google Arts and Culture yang bisa kita kunjungi tanpa meninggalkan tempat rebahan kalian:

  1. Van Gogh Museum - Amsterdam, Belanda

Ståle Grut

Museum ini merupakan museum seni rupa yang didedikasikan kepada karya-karya Vincent Van Gogh di Amsterdam, Belanda. Siapa pun yang menjadi penggemar salah satu pelukis yang berpengaruh dalam sejarah seni ini, dapat melihat karya-karyanya dari dekat dengan mengunjungi museum van gogh melalui virtual tour. Di dalam museum tersebut terdapat koleksi karya seni terbesarnya, yaitu lebih dari 200 lukisan, 500 gambar, dan lebih dari 750 surat pribadi.

  1. The British Museum - London, Inggris Raya

Lizzie George

Museum ikonik yang terletak di jantung kota London ini merupakan salah satu museum terbesar dan terlengkap di dunia. Lebih dari 6 juta koleksi dari seluruh dunia terdapat di museum ini. Dalam virtual tour pengunjung dapat menemukan benda-benda bersejarah seperti Rosetta Stone, patung Parthenon, dan mumi-mumi Mesir.

  1. National Museum of Modern and Contemporary Art - Seoul, Korea Selatan

hisour.com

Museum ini memperkenalkan seni kontemporer global dengan fasilitas penyimpanan terkini. Salah satu museum populer yang terletak di Korea ini, juga dapat diakses menggunakan virtual tour. Disana kita akan dibawa sampai ke lantai 6 bangunan dan menikmati koleksi-koleksi seni kontemporer korea dan dari seluruh dunia.

  1. Musee d’Orsay - Paris, Prancis

vogue.fr

Terletak di pusat kota Paris di tepi Sungai Seine. Museum ini dibangun di bekas stasiun kereta api Orsay, yang dibangun untuk Pameran Universal tahun 1900. Museum ini menampilkan koleksi seni dari periode 1848 hingga 1914. Koleksi yang tersimpan didalam museum ini seperti : lukisan, patung, objets d’art dan fotografia.

  1. Pergamonmuseum - Berlin, Jerman

news.artnet.com

Sebagai salah satu museum terbesar di Jerman, Pergamon Museum memiliki banyak hal yang menarik untuk ditawarkan. Museum bersejarah ini adalah rumah bagi banyak artefak kuno. Disana kalian juga akan menemukan benda-benda dari kesenian islam yang bernuansa timur tengah. Pergamon Museum menyimpan bangunan-bangunan monumental yang direkonstruksi pada ukuran aslinya, seperti Altar Pergamon, Gerbang Pasar Miletus, Gerbang Ishtar dan Prosesional Way dari Babel yang membuat Pergamonmuseum terkenal di seluruh dunia dan termasuk salah satu museum yang paling banyak dikunjungi.

  1. Guggenheim - New York, Amerika Serikat

elCarito Unsplash

Museum ini didedikasikan untuk mempromosikan pemahaman dan apresiasi seni melalui pameran, program pendidikan, inisiatif penelitian, dan publikasi. Dari sana, kalian dapat menemukan karya seni luar biasa dari era Impresionis, Post-Impresionis, Modern, dan Kontemporer. Fitur Google Street View juga membawa pengunjung menjelajahi tangga spiral Guggenheim yang terkenal tanpa harus meninggalkan rumah.

  1. Museum Nasional Indonesia - Jakarta, Indonesia

kebudayaan.kemdikbud.go.id

Setelah berkeliling dunia, saatnya untuk pulang ke indonesia. Tidak kalah menarik, untuk teman-teman yang belum sempat mengunjungi museum nasional indonesia, kita bisa mengunjunginya melalui virtual tour. Museum nasional merupakan museum arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi yang terletak di Jakarta Pusat. Museum ini juga biasa disebut museum gajah, karena dihalaman depan museum terdapat patung gajah perunggu hadiah yang diberikan oleh Raja Thailand ketika berkunjung ke museum ini pada tahun 1871. Disana kita dapat menemukan barang-barang kuno dari seluruh nusantara. Seperti, arca-arca kuno, prasati, dan benda-benda kerajinan kuno lainnya. Dan satu hal lagi museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi museum yang bisa kalian jelajahi selama mengisi waktu dirumah aja. Untuk melihat lebih banyak koleksi museum Google Arts & Culture, kalian bisa mengunjungi situs web koleksi yang terdapat di Google Arts and Culture. Juga Ada ribuan museum yang dapat kalian kunjungi dengan Google Street Views. Dan pastinya kalian akan memiliki pengalaman online untuk menjelajahi situs bersejarah dan warisan budaya diseluruh dunia tanpa meninggalkan rumah. Stay at home and keep exploring the world!!![pst]

Ya!Magz

Ya! Magazine 2024. All rights reserved.

INSTAGRAMPPI BURSA

READ

ArticlesMagazinesAuthors

CONTACT US