Category:

Religion

Urgensi Ilmu Agama dan Ilmu Dunia

November 14, 2021·4 min read
Urgensi Ilmu Agama dan Ilmu Dunia

Bismillah.

Assalamualaikum, Sobat Ya!

Ada kondisi yang perlu kita khawatirkan dalam hidup ini, yaitu ketika kita pandai dalam ilmu dunia, punya rentetan gelar begitu banyak, punya jabatan yang tinggi, namun sayangnya ibadah kita tidak beres. Ilmu agama masih sangat minim. Ditambah lagi apabila kita tidak memiliki keinginan untuk menambah ilmu akhirat, sangat berbeda dengan ilmu dunia kita yang terus kita kejar.

Kita sebagai seorang muslim harus mengerti dan memahami bahwa ilmu agama seharusnya di atas segala ilmu dalam kehidupan ini. Karena itu yang akan menuntun kita dalam menentukan setiap pilihan dan tindakan yang kita lakukan di dunia yang singkat ini. Seseorang yang faqih dalam ilmu agama serta memiliki kepandaian dalam ilmu dunia akan membawanya ke dalam kebaikan dunia dan akhirat. Urgensi ilmu agama memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  1. Allah akan meninggikan derajat orang yang berilmu Derajat orang akan ditentukan oleh kadar ilmu, yaitu ilmu agama yang bermanfaat. Sebagaimana dalam QS. Al-Mujadilah: 11, Allah Ta’ala berfirman,
    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
    “Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu, “Berlapang-lapanglah dalam majlis” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu” maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

  2. Allah menghendaki kebaikan dunia dan akhirat untuknya
    Sebagaimana Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
    مَن يُرِدِ اللهُ به خيرًا يُفَقِّهْه في الدينِ
    “Barang siapa yang Allah kehendaki kebaikan padanya, niscaya Allah akan jadikan ia faham dalam agama” (Muttafaqun ‘alaihi).

  3. Allah akan mudahkan jalan baginya menuju surga
    Sebagaimana Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
    وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ
    “Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)
    Dengan ilmu, dapat mengetahui yang benar dan yang salah. Ilmu agama dan ilmu umum itu dapat didapatkan dalam waktu yang bersamaan.
    Ilmu agama itu menuntun seseorang untuk selalu berbuat ikhlas, karena kita mengetahui untuk apa kita hidup di dunia, yakni beribadah hanya kepada Allah. Segala sesuatu yang kita lakukan karena Allah itulah yang akan kekal dan akan menimbulkan rasa ketenangan dan ketenteraman dalam diri. Serta setiap masalah, ujian, dan fitnah di dunia, hal tersebut untuk menguji keimanan kita kepada Allah.

Peran ilmu dunia
Nah, apabila kita mengetahui keutamaan ilmu agama, bagaimana peran ilmu dunia dalam hal ini? Ilmu dunia juga dibutuhkan untuk kaum muslimin, Imam Asy-Syafi’i rahimahullah berkata,
لا تسكنن بلدا لا يكون فيه عالم يفتيك عن دينك، ولا طبيب ينبئك عن أمر بدنك
“Janganlah sekali-kali engkau tinggal di suatu negeri yang tidak ada di sana ulama yang bisa memberikan fatwa dalam masalah agama, dan juga tidak ada dokter yang memberitahukan mengenai keadaan (kesehatan) badanmu.”

Beliau juga berkata,
لا أعلم علما بعد الحلال والحرام أنبل من الطب إلا أن أهل الكتاب قد غلبونا عليه
“Saya tidak mengetahui sebuah ilmu -setelah ilmu halal dan haram- yang lebih berharga yaitu ilmu kedokteran, akan tetapi ahli kitab telah mengalahkan kita” (Siyar A’lam An-Nubala 8/528, Darul Hadits, Koiro, 1427 H, syamilah)

Ilmu dunia juga dapat membantu dakwah, seseorang diberikan kesempatan beramal yang berbeda-beda. Bisa melalui akhlak kepada orangtua, dosen, teman, kasir, orang asing, dan kepada siapapun. Terutama dengan rekan kerja kita dan teman dekat kita, dengan izin Allah, seseorang mendapat hidayah dari-Nya melalui akhlak dan ilmu agama yang kita bagikan.

Maka ilmu dunia juga penting, memiliki banyak keterkaitan dan kebaikan didalamnya, apabila kita mengarahkan hal tersebut untuk mencari rida Allah. Umat Islam saat ini memerlukan orang yang faqih dalam ilmu agama dan dunia. Hendaknya kita menjadikan dunia ini sebagai wasilah dalam menggapai akhirat serta selalu memerhatikan apa yang akan kita pertanggungjawabkan kepada Allah kelak. [alf]

Ya!Magz

Ya! Magazine 2024. All rights reserved.

INSTAGRAMPPI BURSA

READ

ArticlesMagazinesAuthors

CONTACT US